Kamis, 07 Desember 2017

Langgar Kuno / Langgar Kapenta Kota Bima #MasjidtoMosque

Langgar Kuno / Langgar Kapenta Kota Bima



Sekitar Bulan Juli 2015 saat itu bertepatan dengan liburan akhir Ramadhan dan Idul Fitri di Bima, akhirnya saya bisa bersilaturahim ke Desa Punti Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima (Soromandi adalah kecamatan pemekaran dari kecamatan Donggo) menemui seorang sahabat Media Sosial Arif. Selain bersilaturahim saya diantar untuk mengunjungi Benteng Asa Kota Peninggalan Sultan Abil Khair Sirajudin (sultan ke II Kesultanan Bima) dan Situs Wadu Pa’a di daerah tersebut. Setelah memposting satu-satunya meriam yang tersisa dari 7 yang konon dulunya di Benteng Asa Kota dengan banyak komentar dari para Facebookers terutama keprihatinan dengan kurang terawat serta terbengkalainya beberapa situs benda cagar budaya bersejarah di Bima salah satunya adalah komentar tentang Langgar Kapenta/Langgar Kuno di Daerah Asa Kota Kota Bima yang bernasib serupa, saya berniat melihat Langgar Kuno tersebut, namun karena waktu libur usai belum ada kesempatan waktu untuk merealisasikan keinginan tersebut.
Pada bulan September 2015 akhirnya saya berkesempatan berkunjung dan melihat langsung Langgar Kapenta. Lokasi ditengah pemukiman penduduk, masuk kedalam yang tak cukup untuk dilewati oleh kendaraan roda empat. Dari kondisinya Nampak tidak lagi digunakan sebagai tempat ibadah hal itu terlihat dari pagar yang tertutup dan halaman yang dipenuhi oleh semak ilalang, ada juga warga sekitar yang menjemur pakaian dipagar halaman Langgar tersebut. Dari Papan yang terpampang dibagian samping langgar kuno tersebut tertulis Cagar Budaya ini didirikan sejak tahun 1608.

Alangkah elok jika Langgar Kapenta / Langgar Kuno ini tetap digunakan untuk kegiatan ibadah dan mengaji anak-anak agar ruh awal mendirikannya tidak hilang. Seperti halnya juga Masjid Sultan Muhammad Salahuddin yang sampai sekarang masih berfungsi. Hal ini sebagai bukti bahwa masyarakat Bima terkenal dengan Religiusnya.

Sekarang Alhamdulillah berkat swadaya dari para pemuda yang peduli akan kekayaan warisan budaya Bima Langgar Kuno sudah semakin terawat dan tidak lagi seperti foto dua tahun yang lalu ini.
 
#057Langgar Kuno #MasjidtoMosque
Foto : 1 September 2015

Related Posts

Langgar Kuno / Langgar Kapenta Kota Bima #MasjidtoMosque
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.