Jumat, 25 September 2015

BERCERMIN RENDAH HATI DARI AIR




Air, ciptaan Tuhan yang hampir di butuhkan oleh semua makhluk hidup. Ia adalah simbol adanya kehidupan disebuah tempat. Dibalik perannya yang sangat vital banyak pelajaran kerendahan hati yang dapat kita bercermin dari air.

Karakteristik air mengalir dari hulu ke hilir, dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah dan cenderung mengisi ruang kosong.


Karakter aslinya air mengalir dari tempat yang lebih tinggi menuju tempat yang lebih rendah dan bermuara kelautan. Dalam kehidupan hendaknya juga demikian semakin tinggi tingkat sosial maupun status kehidupan hendaknya tetap mengalir kebawah. Tetap berkaca pada orang yang lebih rendah agar senantiasa bersyukur dan selalu ada waktu untuk turun bersama menyapa dan berdinamika dengan masyarakat yang lebih bawah.

Tetesan air yang kecil secara terus-menerus dapat membuat lubang dan memecahkan sekeras apapun batu. Menetes kebawah dalam kerendahan hati yang terus menerus tentunya akan berbuah banyak simpati dan meluluhkan hati manusia.

Salah besar anggapan bahwa merendah dalam ketaqwaan (rendah hati) membuat seseorang menjadi hina, namun sebenarnya ia adalah bentuk lain dari bukti keimanan kita yang harus senantiasa terpancar untuk menyentuh hati.

RasanaE Barat, Kota Bima 31 Oktober 2013


IWAN Wahyudi
www.iwan-wahyudi.com

Related Posts

BERCERMIN RENDAH HATI DARI AIR
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.