Minggu, 13 September 2015

MEMPENGARUHI PENDAPAT UMUM (KAMPAYE PUBLIK)



Membangun Argumen

•Argumen : Sebuah pernyataan (klaim) yang dijustifikasi oleh data.
•Sumber data : data primer dan sekunder.
•Bisa diperkuat dengan kisah nyata yang menyentuh


            Ada dua cara untuk membangun opini publik :
1.    Kampanye
Kampanye adalah kegiatan mempengaruhi, mengajak, mengubah dan menarik minat atau keinginan orang lain agar sesuai dengan yang diinginkan oleh seseorang atau suatu organisasi. Kampanye juga memperjelas atau upaya menyosialisasikan Visi, misi dan ideoligi untuk mengembangkan sayap jaringan atau basis massa. Kampanye bisa berbentuk keterlibatan massa dan penggunaan media permanen .

Keterlibatan Massa
Media Permanen
- Rapat akbar
- Mogok Massa
- Long March
- Baliho
- Spanduk
- Stiker
- Kaos

Kiat kampanye melalui media massa (sumber : Woman Media Project, 1986):
  1. Pilihlah juru bicara dengan cermat
Juru bicara yang dipilih untuk TV atau Radio haruslah merasa nyaman dengan wawancara media tersebut. Ia harus melihat, membaca dan mendengarkan, serta selalu waspada terhadap penampilannya. Menguasai bahan yang dibicarakan.
  1. Jalin dan peliharalah hubungan baik dengan media massa
Membangun hubungan personal. Daftar (alamat) media massa harus selalu diperbaharui, termasuk nama wartawan reporternya.
  1. Kualitas bahan menentukan
Buatlah desain grafis yang baik dan terencana. Sederhana dan kerapihan itu indah
  1. Bayarlah media
  2. Bahasa yang digunakan Familiar/akrab dengan rakyat kecil, tapi juga mudah dipahami oleh penyelenggara negara.
  3. Soal Hak asasi manusia adalah berita
Jangan meremehkan soal HAM. Setelah perjuangan panjang dalam satu dasawarsa (80 an), Hak asasi Manusia kini telah menjadi topik menarik bagi media massa di Indonesia.
  1. Tinjau, perbaiki dan Ulangi
Jika Rumusan dan langkah kampanye berhasil disusun, jangan ragu mulailah bekerja


2.    Publikasi
Publikasi adalah upaya menyampaikan pesan kepada publik atau masyarakat dalam bentuk media (cetak, audio, audio-visual). Publikasi dapat menjadi sarana propaganda seseorang atau organisasi tetang sesuatu sikap. Cara mempublikan sesuatu dapat dilakukan dengan dua cara yaitu penerbitan dan bekerjasama dengan pers umum.

Penerbitan
Bekerjasama dengan Pers Umum
- Koran
- Buku
- Majalah
- Jurnal
- News letter/buletin
- selebaran
- dll

- Rubrik Berita
- Rubrik Artikel/Opini
- Rubrik Surat Pembaca
- Rubrik Iklan Layanan Masyarakat
- Acara Televisi
- Acara Radio
- dll


Pustaka Acuan

Zainudin Paru, 2001, Perumusan Isu Strategis dan Tugas Para Aktivis (makalah)
Hasan Al-Banna, 2002, Risalah Pergerakan Ikhwanul Muslimin 1
Komite Anti korupsi (KoAK) Lampung, 2002, Panduan Rakyat Memberantas Korupsi
BKM Seruni KAMMI, 2002, Buku Panduan Kepemimpinan Muslimah KAMMI


IWAN Wahyudi ** 
*Disampaikan dalam Pelatihan Advokasi dan Investigasi KAMMI Daerah NTB, Aula IAIN Mataram Ahad 16 Juli 2006

** Staff Departemen Kajian Dan Strategi KAMMI Daerah NTB.
 

Related Posts

MEMPENGARUHI PENDAPAT UMUM (KAMPAYE PUBLIK)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.