Rabu, 29 Maret 2017

Beramal dengan Filosofi Tumbuhnya Benih




Kerabat, tentu kita sering melihat tanaman atau pepohonan yang memukau pandangan dan membuat kagum. Baik ia berupa bunganya yang beraneka warna dan aromanya yang semerbak, bisa berupa batang pohonnya yang besar dan tinggi kokoh menjulang maupun aneka rupa rasa buahnya yang ranum menggoda untuk di cicipi.


Kerabat, pasti kita pernah melihat bagaimana awalnya tumbuhan yang mempesona itu mulai di tanam. Sang biji yang merupakan benih pelanjut kelangsungan generasi tumbuhan itu ditanam dibawah permukaan tanah. Kenapa ? agar ia dapat tumbuh dengan baik, memulai perkecambahannya dalam sejuk tanah, jauh dari sengatan matahari yang dapat mengkriputkan biji. Selain itu supaya akarnya langsung menyerap zat hara dalam tanah sebagai bahan tumbuh dan menopang kuat batang yang akan tumbuh menjuang diatas tanah. Disamping itu agar di biji yang merupakan benih tidak rusak baik oleh pijakan makhluk lain yang akan menghancurkan atau memakannya.

Kerabat, tentu hari-hari kita tidak lepas dari aktifitas yang beranama kerja dan amal, baik itu yang istimewa maupun biasa-biasa saja. Mari sejenak bercermin dari filosofi tumbuhnya benih.

Jika saat mulai beramal hati kita sudah dipenuhi rasa ingin dilihat atau ingin dipuji maka akan sia-sialah ia. Bila amal ingin selalu kelihatan, Nampak dihadapan manusia lain, maka ia akan sia-sia sebelum amal itu tumbuh dan beranak pinak menjadi kebaikan-kebaikan lainnya.

Jika belum apa-apa saja sudah meng “aku “ kan amal, bagaimana bisa menikmati kekokohannya sebagai bekal kehidupan dan menghasilkan bunga dan buah yang dapat memberi manfaat bagi makhluk lainnya.

Kerabat, jadikanlah setiap amal kita adalah kebaikan-kebaikan yang sangat bernilai dihadapan Allah SWT. Memulai dan melaluinya bukan untuk menampakkan diri serta membanggakannya di hadapan sesama. Biarkan amal-amal itu tumbuh menjadi kebaikan-kebaikan dalam gerak sunyinya tanpa harus riuh namun tidak bernilai apa-apa, mati sebelum berkembang.

Jafana Garden 05 Agustus 2015
Inspiration Wednesday

IWAN Wahyudi

Related Posts

Beramal dengan Filosofi Tumbuhnya Benih
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.