Senin, 19 Maret 2018

LELAH YANG MEMBAHAGIAKAN


Setiap selesai mengajar kuliah dosen muda itu selalu berkata pada kami "Aku tiap selesai ngajar selalu capek". Lalu saya bertanya "capek karena faktor mahasiswanya atau karena totalitas menyampaikan materi", " totalitas mengajar bang" jawabnya semangat dan puas.


Kadang bahagia itu tak selamanya terputar pada urusan bernama materi. Lelah, capek dan peluh sekalipun itu adalah kebahagiaan. Bukankah rasa bahagia itu lebih dalam maknanya dan kian membuncah keharuan setelah berlelah proses menggapainya?

Proses lelah kita mungkin tak seketika itu terbayar dengan hasil yang dicapai. Namun ada jeda waktu untuk melihat efeknya. Para pengajar perlu waktu pembuktian kebahagiaan muridnya saat mereka berhasil dan sukses dikemudian hari. Namun hebatnya para pengajar ini telah merasakan bahagia saat keluar kelas jauh sebelum hasilnya terwujud, kenapa? Karena mereka punya keyakinan tak ada lelah yang percuma dalam kebaikan, tak ada capek yang sia-sia saat melakukan dengan totalitas, mustahil tak berbuah kebahagiaan untuk setiap pengorbanan dan keikhlasan.

Biarlah lelah itu menarik kebahagiaan, tanpa harus kita ikuti dengan keluh kesah pada setiap peluh yang membersamainya.

19032018 06:09 kamar 1A5
#IWANwahyudi
#MariBerbagiMakna
#InspirasiWajahNegeri
#happymonday
www.iwan-wahyudi.net

Related Posts

LELAH YANG MEMBAHAGIAKAN
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.