Senin, 01 Oktober 2018

Inspirasi Secangkir Kopi

Kopi, saya rasa semua orang punya alasan kenapa menyukai, jadi penikmat atau sekedar penyeruput kopi. Bagi saya saat menyeruput kopi seakan menyerap berbagai Inspirasi yang ada dalam secangkir minuman hitam ini.

Bahagia Ujung dari Pengorbanan
Tak ada kebahagiaan yang gratis atau datang plek tiba-tiba. Semua butuh proses. Secangkir kopi yang hadir dihadapan kita telah melalui proses yang panjang begitu melelahkan bahkan harus menghancurkan dirinya sendiri dari bentuk asalnya menjadi menjadi serbuk. Tak terbayang jika kita menikmati secangkir kopi dalam bentuk butiran bukan serbuk. Wah ngak kebayangkan.
Menyatukan Berbagi Warna
Kopi itu nikmat karena menyatukan banyak perbedaan. Hitamnya kopi menyatu dengan putihnya gula. Pahitnya kopi bersenyawa dengan manisnya gula. Secangkir kopi menyadarkan kita bahwa penyatukan perbedaan itu sulit namun akan melahirkan warna, aroma dan rasa yang begitu sempurna.
Kesulitan Sebuah Keniscayaan
Sebutir kopi dari kebun hingga sampe dicangkir kita mengalami ujian dan kesulitan yang begitu panjang, bukan hanya warna fisiknya yang berubah tapi membuat rasanya juga berbeda dari wujud awal. Kopi harus dijemur diterik matahari singga pada kadar air tertentu. Kemudian disangrai (goreng tanpa minyak), lalu digiling menjadi serbuk, terakhir harus diseduh dengan air panas. Begitu pula kehidupan, tak ada seorangpun dimuka bumi yang lepas darinya. Menjadikan kesulitan sebagai energy postif membentuk diri, sebuah sikap yang harus terus ditanamkan.
Kualitas Butuh Penempaan
Orang hebat yang ada dimuka bumi, baik secara genatika (keturunan) maupun tidak (orang biasa) pasti melalui proses penempaan. Hampir mustahil mereka tidak melewati sebuah menempaan yang membentuk dirinya menjadi manusia hebat. Kopi juga melalui proses itu. Termasuk harus ditelan oleh binatang, berproses didalam lambungnya dan kemudian keluar bersama kotorannya, seperti kopi luwak. Kopi luwak salah satu dari kopi termahal yang ada, kebanyakan dinikmati oleh kalangan menangah atas dan disajikan oleh hotel berbintang. Sangat berbeda dengan kopi ditempat asalnya dikebun yang entah jauh dimana. Penempaan akan meningkatkan harga diri dan martabat seseorang.
Selamat menikmati secangkir kopi dalam setiap sruputnya, serap segala Inspirasi prosesnya dan lewati hidup dengan semangat serta motivasi rasa dan aroma kopi yang begitu menggoda. Selamat Hari Kopi Sedunia 1 Oktober.
01102018 10:15 Lantai 1 Gedung Mandiri
#IWANwahyudi
#MariBerbagiMakna
#InspirasiWajahNegeri
#HariKOPIsedunia
www.iwan-wahyudi.com

Related Posts

Inspirasi Secangkir Kopi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.