Kamis, 08 Juni 2023

[KEAKRABAN]

 

"Seorang mukmin itu makhluk yang cepat akrab, maka tidak ada kebaikan pada orang yang tidak cepat akrab dan tak bisa diakrabi." (HR.Ahmad dan Thabrani)

Kemesraan ukhuwah dalam Islam sungguh sangat indah. Tentu jika kita mengetahui pilar yang menopangnya serta menerapkan dalam realita dilapangan. Bukan jargon yang tinggi, slogan yang cuma basa-basi dan instrumen yang hanya teori.

Kemesraan ukhuwah itu dibangun atas tiga hal : saling kenal (ta'aruf), saling memahami (tafahum) dan saling berbagi beban (takaful). Keakraban tentu akan lahir dalam dinamika itu.

Jika ketiga hal itu juga diterapkan dalam bermasyarakat dan berbangsa juga bernegara maka sila ketiga Pancasila, persatuan Indonesia dengan mudah terwujud. Dengan landasan toleransi yang benar-benar dari kepahaman bahwa kita masing-masing memiliki perbedaan yang bisa dijembatani dengan satu dua persamaan.



Terimakasih bro @nazmulwatan
Mantan ketua BEM Unram @bemunram
yang telah meluangkan waktu untuk berbagi cerita dan sharing apa yang bisa dirajut bersama kedepan.
 

08062023

#MariBerbagiMakna #InspirasiWajahNegeri #reHATIwan #IWANwahyudi #Gerimis30Hari #Gerimis_juni23_08 @gerimis30hari @ellunarpublish_ @inspirasiwajahnegeri @rehatiwan @iwanwahyudi1


Related Posts

[KEAKRABAN]
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.