Minggu, 16 Juli 2023

[HARI KESADARAN]

 


Senin ini banyak yang lalu lalang memakai baju Korpri, batik biru kebanggaan para Aparatur Sipil Negara (ASN) dulunya biasa disebut Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sampai ada teman yang buat status salah pakai kostum lantas pulang balik ganti dan terlambat upacara di kantor.

Seingat saya baju korpri tidak dipakai rutin hari Senin yang juga identik dengan apel alias upacara pagi. Ia hanya digunakan pada hari peringatan tertentu saja. Dan Senin ini tanggal 17 Juli, perasaan tidak ada peringatan hari apapun. Nah, kalau rutin dipakai hari Senin, tak mungkinlah teman saya di Facebook itu salah pakai seragam.

Ternyata, tiap tanggal 17 dalam tiap bulannya ada ritual memakai batik biru itu. Maksudnya ada upacara yang mewajibkan memakai baju korpri. Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) istilahnya. Ternyata hal ini sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 14 Tahun 1981 tentang Penyelenggaraan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih yang mulai berlaku sejak tanggal 1 Desember 1981.

Nah ternyata saya juga baru sadar terkait itu setelah cari info di google. Yang terpenting adalah tujuan dari Hari Kesadaran Nasional itu sebenarnya. Diantaranya sebagai momentum bagi Aparatur Sipil Negara untuk selalu memantapkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat serta kecintaan kepada Bangsa dan Negara. Pelayanan ini yang kadang sering dikeluhkan oleh masyarakat.

Semoga selain upacara tiap hari Senin ditambah spesial tiap tanggal 17 tiap bulan, selalu menyadarkan bahwa kesadaran itu benar-benar penting untuk melayani masyarakat yang tentu juga harus menyadari hak dan tanggungjawabnya pula. Kembali ke diri dan posisi masing-masing aja. Tidak pura-pura amnesia akut.

17072023
@inspirasiwajahnegeri @rehatiwan @iwanwahyudi1

Related Posts

[HARI KESADARAN]
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.