Selasa, 18 Juli 2023

[MEMUNGUT KATA MERAJUT MAKNA]

 


"Selalu ada permulaan untuk sebuah resolusi hidup. Mari bersama menyambut kebaikan untuk memulai tahun yang baru. Segenap Keluarga Forum Lingkar Pena mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1445 Hijriah." @flpoke
 
=======
Resolusi literasi saya hanya sederhana, cukup istiqomah #MemungutKataMerajutMakna sudah Alhamdulillah.
=======
 
Setiap awal tahun, baik tahun masehi maupun hijriyah akan ada dua hal yang dilakukan. Mengevaluasi diri (muhasabah) terhadap yang telah dilakukan dan membuat resolusi (rencana capaian) untuk tahun yang akan dihadapi. Saya mengenyampingkan ritual-ritual pesta dan sejenisnya yang banyak juga menjadi seremonial penduduk bumi.
 
Memungut Kata, saya tujukan pada ide tulisan, fenomena semesta, tingkah manusia, bacaan-bacaan dan momentum peristiwa yang selalu memberi lambaian untuk diabadikan dengan kata-kata. Kata-kata itu entah bergenre apapun akan selalu punya halaman sendiri untuk mengalirkan tinta pena.
 
Merajut Makna yang sama maksudkan agar kata-kata yang terpungut harus memiliki pesan dan hikmah kalau ala bahasa para perenung dan pemikir. Minimal bagi pribadi saya, lebih bersyukur lagi pada mata yang memiliki takdir untuk membacanya.
 
Resolusi dan semangat menggapainya kadang full power diawal, kemudian melemah hingga hilang entah pada paruh mana perjalanan yang masih jauh dari penghujungnya. Semoga resolusi ini tidak terlalu berlebihan, hingga menjadi catatan tak tercapai diakhir tahun kelak. Memang benar memulai sesuatu tidak mudah, berproses melaluinya tidak pernah mulus, istiqomah selalu banyak godaan dan rayuan untuk beralih pada hal lain.
 
Terimakasih pada siapapun yang telah sudi melirik kata-kata yang telah saya pungut. Alhamdulillah bagi sesiapa yang telah memetik hikmah, menghirup makna dan mengunyah pelajaran yang ada di dalamnya.
 
19072023
#TahunBaruIslam #IslamicNewYear #FLP #ForumLingkarPena #TahunBaruIslam1445H #1Muharram1445H #MariBerbagiMakna #reHATIwan #InspirasiWajahNegeri #IWANwahyudi
@flpoke @inspirasiwajahnegeri @rehatiwan @iwanwahyudi1

Related Posts

[MEMUNGUT KATA MERAJUT MAKNA]
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.