Rabu, 19 Juli 2023

[HARI CATUR INTERNASIONAL, 20 JULI]


Siapa yang tak kenal catur, permainan yang identik dengan strategi dan kesan intelek itu tidak hanya disukai kalangan menengah keatas saja tapi hingga orang biasa.

Setiap tanggal 20 Juli diperingati sebagai Hari Catur Internasional oleh para pemain catur di seluruh dunia sejak 1966. Hal ini merujuk tanggal berdirinya Federasi Catur Internasional (FIDE) di Paris, Prancis pada tahun 1924. Federasi ini memiliki 181 federasi catur sebagai anggotanya.
Hari Catur pertama kali dicanangkan Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB atau UNESCO. Pada 12 Desember 2019, Majelis Umum PBB dengan suara bulat menyetujui resolusi yang mengakui hari ini.

Permainan Catur diciptakan di India pada abad kelima, permainan papan ini awalnya bernama "Chaturanga". Setelah perkembangan permainan di India, akhirnya menyebar ke Persia.
Ketika bangsa Arab kemudian menaklukkan Persia, catur diambil oleh dunia Muslim dan selanjutnya menyebar ke Eropa Selatan. Di Eropa, permainan telah berkembang menjadi seperti bentuknya saat ini pada abad ke-15.

Bentuk catur modern dengan 204 kotak hitam putih (atau warna berlawanan lainnya) dan 32 bidak hitam putih (16 untuk setiap tim) telah dinikmati dengan baik oleh para amatir dan profesional, anak-anak dan orang dewasa, pria dan wanita selama bertahun-tahun.

Turnamen catur modern pertama diadakan di London pada 1851 dan dimenangkan oleh Adolf Anderssen dari Jerman. Pada 20 Juli 1924 pada pertandingan Olimpiade musim panas kedelapan di Paris, Prancis, FIDE (Federasi Catur Dunia) didirikan.

Sebuah survei tahun 2012 menemukan bahwa Faktanya, setidaknya 605 juta orang dewasa di seluruh dunia bermain catur secara rutin.

Related Posts

[HARI CATUR INTERNASIONAL, 20 JULI]
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.