Kamis, 01 September 2016

Buku Cantik Karya Penulis Ganteng


 
SETELAH beberapa waktu lalu menerbitkan tiga buku (“SUTRISNO MUTIARA DARI UTARA; Sekumpulan Puisi Tentang Biografi Pembangunan Majalengka” karya Momon Lentuk asal Majalengka-Jawa Barat, “Konsep Dasar Manajemen Asuhan Kebidanan” karya Dian Furwasyih asal Padang-Sumatra Barat dan “Prospek Pemberlakuan Asas Legalitas Dalam Sistem Hukum Pidana Indonesia” karya Bahri Yamin asal Manggarai Barat-NTT), Penerbit Mitra Pemuda kembali mendapat “mandat” untuk menerbitkan buku baru berjudul “BEST SELLER; Inspirasi dan Spirit Menjadi Manusia Luar Biasa” karya Iwan Wahyudi asal Mataram-NTB.

Buku berukuran 14 x 21 cm setebal 180 halaman A5 berhuruf candara ini merupakan kumpulan tulisan lepas penulis asli Bima (suku Mbojo)-NTB ini dalam berbagai topik dengan gaya bahasanya yang khas. Pada awalnya tersimpan dalam file lepas di laptop, catatan HP, catatan facebook, blog dan media sosial lainnya. Karena adanya kemauan yang kuat untuk berbagi kepada sesama sekaligus sebagai upaya pewarisan kepada keluarga tercinta, di samping provokasi beberapa kolega, penulis akhirnya tertakluk juga dan segera mengumpulkannya dalam satu file naskah, kemudian menawarkan kepada Penerbit Mitra Pemuda yang berpusat di Kota Cirebon-Jawa Barat untuk diterbitkan menjadi buku. Tanpa berpanjang kata, akhirnya disepakati untuk diterbitkan menjadi buku seperti yang kini tersebar di beberapa kota di seluruh Indonesia.

2 

Dalam buku yang ditahbis sebagai buku pertamanya ini, penulis yang pernah menjadi Ketua BEM Universitas Mataram (Unram) 2004-2005 ini memaparkan berbagai hal seputar kehidupan, fenomena, peristiwa dan sebagainya dari berbagai pembingkaian unik juga cukup menarik. Diksinya yang sederhana dan to the point membuat buku ini bisa dibaca oleh pembaca beragam latar belakang dan beragam usia, namun tetap punya arahan juga orientasi yang mulia dan berjangka panjang: kebahagiaan dan keabadian hidup.

Penulis adalah aktivis, pegiat sosial, dan narasumber untuk berbagai acara pelatihan dan forum diskusi juga seminar. Dengan begitu, apa yang disuguhkannya dalam buku yang diterbitkan pada Juli 2016 lalu ini sejatinya bukan sedang membincang hal yang nun jauh di sana, tapi justru sedang membincang hal-hal yang dekat dengan keseharian dirinya sendiri; atau paling tidak dia lihat atau saksikan dari orang atau lingkungan terdekat dari kehidupannya.

Saya menyaksikan, penulis yang suka membaca—dan belakangan gila menulis dan traveling—ini, melalui bukunya mengajak pembaca untuk lebih mengenal diri dalam perspektif yang solid dan utuh. Bahwa tak ada yang abadi dalam kehidupan ini, semuanya berakhir. Apa yang kita miliki bukanlah milik kita, bukan menjadi milik kita hingga akhir. Semuanya pasti berakhir. Kita sendiri pun hanyalah makhluk yang tercipta Sang Khalik dan berakhir jua. Adapun yang menjadi teman setia kita sejatinya hanyalah kebaikan kita yang terpancar dari keyakinan atau keimanan yang kuat akan Sang Maha Kuasa (Allah) dan Hari Akhir. Bergeser dari pembingkaian itu, sama saja dengan melempar diri kita ke lembah kesengsaraan yang tak bertepi.

Saya tentunya bukan pembaca terbaik atau penelaah tersukses ketika melakoni diri untuk mencumbui buku ini sejak awal. Walau begitu, setidaknya saya termasuk diantara pembaca pertama buku ini ketika ia baru saja menjadi buku; bahkan ketika ia masih dalam bentuk naskah yang kasar. Intinya, saya sangat percaya bahwa buku ini dapat membawa pembaca ke kehidupan yang lebih bermakna atau hidup yang tak sia-sia. Buku ini pun benar-benar cantik dan patut menjadi jodoh pembaca. Akhirnya, semoga pembaca tergoda untuk memiliki dan menikmati buku cantik karya penulis ganteng ini! 

[Oleh: Syamsudin Kadir—Ditrektur Eksekutif Penerbit Mitra Pemuda, Pegiat PENA dan Pendidikan Islam di IAI Bunga Bangsa Cirebon-IAI BBC. Kota Cirebon, Rabu 31 Agustus 2016, pukul 18.30-18.55 WIB]

Sumber : https://mitrapemuda.wordpress.com/2016/09/01/buku-cantik-karya-penulis-ganteng/ 

Related Posts

Buku Cantik Karya Penulis Ganteng
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.