Senin, 10 Desember 2018

Sunyi, Bukan Sepi Kontribusi



Tahukah kita berapa kebutuhan oksigen dibumi dalam sehari? Dalam selembar daun kelor yang kecil Berapa sel yang ikut bekerja memproduksinya dalam proses fotosintesis?. Kita tidak pernah mendengar riuhnya mereka melakukan aktivitas tersebut.

Pernahkan kita menghitung dalam sehari berapa kuntum bunga dari semua jenis tumbuhan yang mekar? Kuncup indah yang bermekaran itu sebagian besar hasil unsur hara dari dalam tanah yang menjadi makanan dan energitanaman tumbuh dan berkembang. Berapa jenis dan banyak jumlah jasad renik ditanah yang beraktifitas memproduksi unsur hara tersebut dalam sehari? Kita tak pernah mendengar kegaduhan mereka sedikit pun.
Dalam sehari berapa liter darah yang dipompa dari jantung dan diedarkan keseluruhan tubuh? Dalam tiap liternya ada berapa banyak sel darah yang turut ambil peran sehingga tubuh seorang manusia bisa berada pada posisi yang stabil? Lalu ada berapa banyak manusia dalam sehari yang menikmati kerja sunyi tanpa bunyi yang menggangu ini?
Kesunyian dan kesendirian bukan alasan tidak berbuat sekecil apapun itu. Sepi tak selamanya hanya mengajarkan kata henti, dan keterbatasan bukan batas untuk menembus batas. Bukankah sebuah kemuliaan saat kontribusi lahir dari kesunyian dari pada kegaduhan yang mengganggu tapi tak berisi apapun.
10122018 Kamar 1A5
#IWANwahyudi
#MariBerbagiMakna
#InspirasiWajahNegeri
~~~~
www.iwan-wahyudi.net
IG : @iwanwahyudi1
Fanpage FB : IWAN Wahyudi
Twitter : @iwanwahyudi1
WA : 08180366229
~~~~

Related Posts

Sunyi, Bukan Sepi Kontribusi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.