Selasa, 22 Januari 2019

PENJUAL NASI LINTAS GENERASI YANG PENUH INSPIRASI



Melintasi depan gedung PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa) Universitas Mataram selintas mata melirik berugak yang berada didepan bangunan itu. Mata sekejap melihat sosok yang tak asing ditempat duduk para aktifis tersebut. Aneh kok ada sosok tua disitu. Saya memutar motor dan memarkir dibangunan asrama tepat bersebalahan gedung PKM. Kaki terlangkah keberugak memastikan sosok tadi. Di atas berugak berjejer rantang berisi ikan dan sayur, termos nasi, tumpukan piring dan sendok, termos air panas dan beberapa bungkus kopi instan berbagai merk.

" Assalamu'alaikum bibi " saya menyapa, menjabat tangannya lalu mencium punggung tangan yang sudah nampak tanda menua itu. Beliau terkaget karena tetiba ada yang menyapa dan mencium tangannya. Matanya disipitkan seakan ikut berpikir menerka-nerka. "Bibi masih kenal saya?" lanjut saya. "Mata saya sudah mulai rabun, Mahasiswa dulu banyak yang sudah berubah postur menjadi lebih besar saat kesini lagi, tapi mendengar suara side (bahasa Sasak : kamu) saya ingat, Iwan ya?". Beberapa mahasiswa yang kebetulan sedang makan juga bertanya-tanya tentang siapa saya. Kemudian bibi melanjutkan ucapannya memberitahu mahasiswa ditempat itu, "Dulu mereka ini (menunjuk saya) kalo ada teman-temannya kesini dari Jawa selalu diajak makan ditempat bibi. Ya klo rasanya pas akan lanjut makan disini". Saya menimpali " Masakan bibi selalu pas dengan rasa dompet mahasiswa yang kering ". Semua yang hadir tiba-tiba tersenyum seakan mengiyakan.

Sosok Inaq (ibu) Koyah (beberapa menyebut demikian, terakhir juga disebut papuq/nenek Saini) ini sangat familiar bagi anak asrama bahkan generasi sebelum saya. Beliau menjajakan masakannya diatas meja yang menjadi lapaknya saat itu dihalaman belakang asrama. Kami bebas mengambil, lalu saat bayar cukup menyebutkan tadi ambil ikan apa saja? maka bibi akan menyebutkan nominal yang murah jauh dari harga ditempat lain. Kadang jika sedang tidak punya uang kami bisa ngutang dulu untuk menyambung nyawa menuntut ilmu (kuliah). Makanan beliau ini juga tersohor ke Mahasiswa IAIN (sekarang UIN) Mataram dan IKIP Mataram, sehingga banyak dari mereka menjadi langganan bibi.
Bertemu dengan bibi luar biasa ini, seakan menghamparkan banyak Inspirasi hidup, tentang ketabahan, kesabaran, ketekunan, berbagi hingga menjadi tempat mahasiswa ngutang makan.

Bibi adalah saksi hidup yang masih kokoh ditempatnya, menyaksikan silih bergantinya mahasiswa (aktifis) yang datang (mahasiswa baru) dan pergi (wisuda) dari banyak generasi.
Hamparan Inspirasi itu begitu dekat dengan kita sedekat tatapan mata mengarahkan pandangan kemana dia menentukan obyek.

22012019
#IWANwahyudi
#InspirasiWajahNegeri
#MariBerbagiInspirasi
@iwanwahyudi1
@inspirasiwajahnegeri

Related Posts

PENJUAL NASI LINTAS GENERASI YANG PENUH INSPIRASI
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.