“Semua ideologi yang berorientasi pada
strategi revolusi, menganggap pemuda
sebagai tenaga paling revolusioner yang
telah dan terjadi di seantero dunia ini”
[Fathi Yakan]
SEJARAH KELAHIRAN KAMMI
• Latar Belakang Kemunculan Umum
a) Adanya
indikator krisis yang akan mematikan potensi bangsa.
Banyak kalangan memperkirakan
pemerintah tidak akan mampu berbuat banyak menghadapi situasi dan kondisi yang
sangat menentukan nasib bangsa Indonesia ke depan. Pemerintah tidak mampu
bertahan lama tanpa adanya terobosan terobosan baru yang mendasar.
b) Urgensi
sebuah tuntutan reformasi.
Reformasi adalah jalan keluar yang
terbaik untuk mengatasi krisis dan membangun format dari wacana politik
kontemporer yang lebih baik.
c) Adanya
kepentingan umat Islam untuk segera berbuat.
Konsilidasi yang dapat dilaksanakan
oleh ummat minimal dua untuk kepentingan
yaitu:
1. Take
position to save
: mengambil posisi agar tidak menjadi korban keruntuhan
2. Take
position to act :
berusaha menempati posisi yang paling memungkinkan untuk menjadi kekuatan
alternative.
• Latar Belakang Kemunculan Khusus
1
Aksi demonstarsi dan mimbar semakin manjamur untuk
menuntut kepada pemerintah agar segera melakukan perbaikan di segala bidang.
Namun, masih terdapat kendala kesiapan konsepsional dan manajemen aksi yang
belum terorganisir secara baik dan alternative.
2
Mahasiswa islam merupakan elemen potensial yang
merupakan unsure kekuatan kampus yang paling solid dan kokoh untuk untuk
memjadi basis kekuatan alternative dan oposan dalam menggelindingkan bola salju
reformasi.
3
Suara ummat islam mulai terabaikan, sehingga ummat
islamlah yang paling bertanggung jawab untuk menyuarakan kepentingannya.
Mahasiswa islam sebagai kaum elit intelektual menjadi bagian integral yang akan
mampu memoles wajah politik agar dapat menguntungkan kepentingan ummat islam.
4
Depolitisasi kampus memandulkan peran mahasiswa .
kekuatan mahasiswa harus menunjukkan avant garde (kepeloporan) di antara
kekuatan-kekuatan lainnya. Gerakan mahasiswa harus mencerminkan jati diri dan
prestasi sebagai seorang mahasiswa . kekuatan mahasiswa harus tampil beda,
lebih luas dan lebih besar lagi tanpa dibatasi lingkungan geografis di sekitar
kampus saja. Gerakan mahasiswa harus senantiasa dijaga kontinuitasnya, baik
kualitas, kuantitas maupun kemurniannya agar tidak mudah dieleminasi dan
intimidasi. Karena dengan orisinilitasnya juga, mahasiswa mampu menjadi
kekuatan oposisi yang dapat melakukan reserve atas distorsi-distorsi yang bakal
terjadi.
•
FSLDK
X 1998
Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah
Kampus Nasional (FS-LDKN) X se-Indonesia adalah agenda dua tahunan yang
dilakukan oleh Lembaga Dakwah Kampus dan Kerohanian Islam Mahasiswa Perguruan
Tinggi Negeri/swasta se- Indonesia.Pada Tahun 1998 FS-LDKN diselenggarakan oleh
Jamaah AR. Fachrudin Universitas Muhammadiyah Malang selama 5 hari di mulai
sejak 25 hingga 29 Maret 1998. Acara ini dihadiri oleh 69 LDK yang berafiliasi
dari 64 kampus (PTN-PTS) di seluruh Indonesia. Jumlah peserta keseluruhan
kurang lebih 200 orang yang notabenenya para aktivis dakwah kampus.
FS-LDKN X dilaksanakan dalam kondisi
Negara yang memprihatinkan di tengah terpaan krisis ekonomi sejak 1997 dan
diikuti dengan krisis multi dimensi termasuk krisis moral dan kepercayaan
terhadap pemerintah. Dalam Diskusi-diskusi baik formal maupun informal para
peserta memiliki kerisauan dan keingin untuk berbuat guna mengambil peran dalam
menyeleasikan krisis, karena mereka menyadari peran dan tanggungjawab sebagai
mahasiswa dan pemuda di negeri ini.
•
2
Alasan Pembentukan Wadah Aksi Mahasiswa
Kerisauan
dan keterpanggilan sebagai anak bangsa untuk berbuat memperbaikan kondisi dalam cengkraman kriris multidimensi tersebut
berujung pada perlunya dibuat sebuah wadah untuk menghimpun semua potensi yang
dimiliki karena tidak mungkin menyelesaikan permasaahan bangsa tanpa
terorganisir dengan baik. Setidaknya ada 2 alasan perlunya dibentuk wadah aksi
mahasiswa muslim :
a. Tanggungjawab moral terhadap kondisi
bangsa.
b. Kesepakatan membentuk lembaga
koordinasi mahasiswa Islam untuk merealisasikan agenda politik guna membangun
kekuatan yang dapat berfungsi sebagai Peace power untuk melakukan tekanan moral
terhadap pemerintah diluar lembaga LDK dan FSLDKN karena terlalu banyak yang
harus ditangani oleh dua lembaga tersebut (LDK dan FSLDKN).
•
Delapan
orang TIM FORMATUR
Proses pembentukan wadah aksi mahasiswa muslim
tersebut kemudian memuncak dengan dibentuknya Tim Formatur yang terdiri dari :
1. Ananto
Pratikno (Ketua Jama’ah AR Fachrudin Universitas Muhammadiyah Malang)
Sebagai Ketua Tim Formatur.
2. Badaruddin
(Ketua Forum Komunikasi LDK Univ. Airlangga)
3. Andri Yunia
Kusumawati (Komunikasi LDK Univ. Airlangga)
4. Edi Chandra
(DKM Al-Ghifari IPB)
5. Faizal
Sanusi (Ketua Kerohanian Islam Senat Mahasiswa UI)
6. Febri Nur
Hidayat (Ketua Bidang Hubungan Luar Lembaga Keluarga Mahasiswa Islam (GAMAIS)
ITB)
7. Muhammad
Arif Rahman (Ketua Jama’ah Shalahudin UGM)
8. Suhendra
(Ketua UKM Kerohanian Islam Univ. Diponegoro)
•
Deklarasi
Malang
Tim
Formatur sepakat memilih Fahri Hamzah
(UI) dan Haryo Setyoko (UGM) sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Umum Kesatuan
Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) yang di deklarasikan dengan pembacaan Deklarasi
Malang pada pukul 13.00 tanggal 29 Maret
1998 bertepatan dengan 1 Dzulhijjah 1418 H.
•
Kenapa
Memakai nama KAMMI?
Setidaknya ada dua alas an
memakai nama KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) :
1. Sejarah Indonesia membuktikan bahwa
Gerakan Kultural Indonesia adalah Islam dan terbukti berhasil (Perebutan
kemerdekaan, Penutupan SDSB, Pemberantasan PKI 1966 dan lain sebaginya),
ditambah dengan gerakan mahasiswa yang selalu moral force
2. LDK adalah aktivitas masjid kampus
tidak representative menggunakan label mahasiswa Indonesia tetapi Mahasiswa
Muslim. Karena yang lebih representative menggunakannya adalah pertemuan
SMPT (Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi) se-Indonesia
•
Lima
Konsekuensi memakai nama KAMMI
Memilih nama
KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) tentunya tidak sembarangan
tentu memiliki maksud dan konsekuensi tersendiri.
1. KESATUAN. Kekuatan yang terorganisasi
menghimpun mahasiswa muslim baik perorangan maupun lembaga yang sepakat dengan
format gerakan KAMMI
2. AKSI. Orientasi riil dan sistematis
dilandasi gagasan konsepsional untuk mewujudkan masyarakat madani
3. MAHASISWA. Aktivis KAMMI adalah mahasiswa dari
berbagai strata di seluruh Indonesia
4. MUSLIM. Mahasiswa yang komitmen pada
perjuangan ke-Islaman dan kebangsaan yang jelas dan benar dan berakhlakul
karimah dalan setiap aktivitasnya.
5. INDONESIA. Dilandasi pemahaman akan realitas
kemajemukan di Indonesia dan bekerja untuk kebaikan dan kemajuan bersama,
rakyat, bangsa dan tanah air Indonesia.
•
Makna
Lambang KAMMI
Lambang KAMMI terdiri
atas :
- Warna dasar putih
- Peta negara Indonesia berwarna hijau tua dengan latar belakang bola dunia berwarna biru laut
- Lengan tangan kanan manusia yang kekar dengan jari-jari terbuka
- lima kuntum bunga mawar merah yang melingkar dilengan
- Gradasi warna putih menuju hijau tua
- Tulisan “KAMMI” dengan cetak tebal berwarna hijau tua
Tafsir Lambang KAMMI
adalah:
- Warna dasar putih menjelaskan kesucian perjuangan KAMMI yang dilandasi nilai-nilai tauhid.
- Peta negara Indonesia yang berwarna hijau melambangkan komitmen KAMMI dalam mempertahankan persatuan dan kesatuan bengsa Indonesia dan untuk mewujudkan masyarakat Islami di indonesia
- Bola dunia yang berwarna biru cerah melambangkan universalitas nilai Islam yang KAMMI dakwahkan.
- Lengan tangan kanan manusia yang kekar dengan jari-jari terbuka menggambarkan komitmen perjuangan KAMMI melawan kebatilan dilakukan dengan segenap kekuatan
- Kuntum mawar merah menggambarkan prinsip perjuangan KAMMI yang mengedepankan nilai-nilai perdamaian
- Gradasi warna putih menuju hijau tua melambangkan strategi pencapaian visi KAMMI yang dilakukan secara bertahap
- Tulisan “KAMMI” bercetak tebal dengan warna hijau tua menjelaskan ketegasan KAMMI sebagai gerakan mahasiswa yang berasaskan Islam
FILOSOFI GERAKAN KAMMI
Filosofi
gerakan ini merupakan landasan utama dan spirit perjuangan yang menjiwai
gerakan KAMMI.Dari bangunan filosofi gerakan inilah diharapkan lahirnya
kader-kader KAMMI dengan kultur gerakan yang khas dan istimewa. Kekhasan ini
menjadikan gerakan memiliki kekuatan bangunan integralitas internal dan aman
dari bahaya eksternal yang akan merusaknya.Ciri yang melekat dari kader yang
ingin dihasilkan dari filosofi gerakan ini adalah integralitas dan
progresivitas kader di medan amal perjuangan Islam.
VISI
Wadah
perjuangan permanen yang akan melahirkan kader-kader pemimpin dalam
upaya mewujudkan bangsa dan negara Indonesia yang Islami .
Terdapat 2 kata kunci yaitu KADER PEMIMPIN dan BANGSA DAN NEGARA INDONESIA YANG ISLAMI.
Masyarakat Islami atau lebih dikenal
dengan masyarakat madani akan terwujud bila negara berfungsi untuk :
- Mengelakkan terjadinya eksploitasi antar manusia, antar kelompok dan kelas dimasyarakat.
- Memelihara kebebasab warganegara dan melindungi seluruh warga darin invasi asing.
- Menegakkan sistem keadilan sosial yang seimbang.
- Memberantas setiap kejahatan dan mendorong setiap kebaikan yang ada dalam masyarakat.
- Menjadikan negara sebagai tempat tinggal yang teduh dan mengayomi setiap warga negara dengan cara pemberlakuan hukum yang adil.
Dalam struktur dan budaya sosial yang paternalistik
(kekeluargaan) seperti di Indonesia maka peran pemimpin amatlah besar. Dalam
meujudkan masyarakat madani bangsa ini harus memiliki pemimpin yang AMANAH,
BEKERJA KERAS dan MAMPU MENGARAHKAN DAN
MENGGERAKKAN RAKYAT UNTUK BERJUANG
BERSAMA. Amanah kepemimpinan negeri ini sesungguhnya adalah milik umat seperti
termaktub dalam QS. An-Nur ayat 55 :
”
Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan
mengerjakan amal-amal yang shaleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan
mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang yang
sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang
telah diridai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan)
mereka, sesudah mereka berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka
tetap menyembah-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apa pun dengan Aku. Dan
barang siapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, maka mereka itulah
orang-orang yang fasik.”
MISI
1. Membina keislaman, keimanan dan ketaqwaan mahasiswa muslim Indonesia.
2. Menggali, mengembangkan, dan memantapkan potensi dakwah, intelektual,
sosial dan politik mahasiswa.
3. Memelopori dan memelihara komunikasi, solidaritas, kerjasama mahasiswa
Indonesia dalam menyelesaikan permasalahan bangsa dan negara.
4. Mencerahkan dan meningkatkan
kualitas masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang Robbani, madani, adil dan sejahtera.
5. Mengembangkan kerjasama antar elemen masyarakat dengan semangat membawa
kebaikan , menyebar manfaat, dan mencegah kemungkaran (amar ma’ruf nahi munkar)
PRINSIP GERAKAN
Dambaan kita adalah menjadikan negeri Indonesia ini
sebagai negeri yang disebut al-Qur’an: baldatun
thayyibatun wa Rabbun ghafur. Kita menginginkan agar masyarakat kita diatur
Allah dan mendapatkan kemelimpahan berupa kesejahteraan material dan kenikmatan
spiritual. Untuk mendapatkan hal itu semua, sesuai dengan teori perubahan, maka usaha hamba-hamba-Nya untuk
mencapai ke sana harus dilakukan terlebih dahulu. Jika kita berupaya, janji
Allah sudah sangat jelas:
“Jikalau sekiranya
penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan
kepada mereka berkah dari langit dan bumi.” (QS. Al-A’raf: 96)
Dalam mencapai cita-cita besar masyarakat Islami di
atas, dibutuhkan sistematika ideologi yang mengerakkannya secara teratur.
Sistematika Ideologi ini adalah alat bantu untuk membumikan cita-cita besar
pada tataran strategis operasional. Dalam konteks gerakan, KAMMI telah memiliki
ideologi sekaligus prinsip yang menjiwai gerakan di seluruh aktivitas dan
kegiatannya. Dari ideologi dan prinsip gerakan inilah KAMMI meletakkan seluruh
aktivitasnya secara teratur dan terencana. Sejak kelahirannya ideologi dan
prinsip ini telah menjiwai budaya dan metodologi gerakan KAMMI sebelum
dirumuskannya. Sehingga dalam konteks budaya gerakan, konsep karakter
gerakannya dapat dirujuk dari ideologi dan prinsip yang telah dirumuskan
sebagai berikut:
1.
Kemenangan
Islam adalah jiwa perjuangan KAMMI
2.
Kebatilan
adalah musuh Abadi KAMMI
3.
Solusi
Islam adalah Tawaran Perjuangan KAMMI
4.
Perbaikan
adalah Tradisi Perjuangan KAMMI
5.
Kepemimpinan
Umat adalah Strategi Perjuangan KAMMI
6.
Persaudaraan
adalah Watak Mu’amalah KAMMI
1.
Kemenangan Islam adalah jiwa perjuangan KAMMI
KAMMI meyakini sepenuhnya hukum
(sunah) Allah SWT , sehingga kemenangan Islam adalah suatu kemestian.
QS.Al-Anbiya
(21) : 105
105.
Dan sungguh telah Kami tulis didalam Zabur[973] sesudah (kami tulis dalam) Lauh
Mahfuzh, bahwasanya bumi ini dipusakai hamba-hambaKu yang saleh.
[973] Yang dimaksud dengan Zabur di
sini ialah seluruh kitab yang diturunkan Allah kepada nabi-nabi-Nya. sebahagian
ahli tafsir mengartikan dengan kitab yang diturunkan kepada Nabi Daud a.s.
dengan demikian Adz Dzikr artinya adalah kitab Taurat.
QS.Al-Mujaadilah
(58) :21
21. Allah telah menetapkan: "Aku dan
rasul-rasul-Ku pasti menang". Sesungguhnya Allah Maha
kuat lagi Maha Perkasa.
2. Kebatilah adalah musuh abadi KAMMI
Kebatilan adalah penyakit yang
menyengsarakan rakyat sehingga selayaknya untuk diperangi dan dimusuhi. Adalah
sebuah keniscayaan bahwa setiap kebaikan akan ditentang oleh kebatilan seperti
perjuangan para Rasul bahkan ditentang oleh kaumnnya sendiri dan kebatilan akan
lenyap.
QS.Al-An’am
(6) :112
112.
Dan Demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap Nabi itu musuh, Yaitu
syaitan-syaitan (dari jenis) manusia dan (dan jenis) jin, sebahagian mereka
membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah
untuk menipu (manusia)[499]. Jikalau Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak
mengerjakannya, Maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan.
[499] Maksudnya syaitan-syaitan jenis
jin dan manusia berupaya menipu manusia agar tidak beriman kepada Nabi.
QS.Faathir
(35) : 6
6. Sesungguhnya
syaitan itu adalah musuh bagimu, Maka anggaplah ia musuh(mu), karena
Sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka
menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala.
QS.Al-Israa’
(17) : 81
81.
Dan Katakanlah: "Yang benar telah datang dan yang batil telah
lenyap". Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap.
3. Solusi Islam adalah tawaran perjuangan
KAMMI
Hal ini menegaskan bahwa KAMMI selain sebagai
kekuatan pendobrak juga sebagai kekuatan pembangun. Rasulullah SAW dengan Islam
membawa manusia dari kegelapan kepada cahaya dan Islam merupakan konsepsi
kehidupan bagi semua manusia dan alam semesta hingga akhir zaman. Islam
adalah titik tolak, metode, jalan dan tujuan perjuangan KAMMI.
QS.
Al-Anbiya (21) : 10
10.
Sesungguhnya telah Kami turunkan kepada kamu sebuah kitab yang di dalamnya
terdapat sebab-sebab kemuliaan bagimu. Maka Apakah kamu tiada memahaminya?
Islam dan aturan-aturan Allah SWT
sebagai solusi juga merupakan pesan Allah SWT kepada Nabi Adam AS.
QS.
Al-Baqarah (2) : 38
38.
Kami berfirman: "Turunlah kamu semuanya dari surga itu! kemudian jika
datang petunjuk-Ku kepadamu, Maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku,
niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih
hati".
Komitmen Islam sebagai solusi di
iringi dengan komitmen untuk menunjukkan Islam pada diri KAMMI ditengah
masyarakat, hal ini dapat dilihat dalam dua hal yaitu segi
normative-konsepsional berupa pandangan politik KAMMI dan segi Aplikatif
operasional berupa kepribadian gerakan para aktivisnya.
4. Perbaikan adalah tradisi perjuangan
KAMMI
QS.
Hud (11) : 88
88.
Syu'aib berkata: "Hai kaumku, bagaimana pikiranmu jika aku mempunyai bukti
yang nyata dari Tuhanku dan dianugerahi-Nya aku dari pada-Nya rezki yang baik
(patutkah aku menyalahi perintah-Nya)? dan aku tidak berkehendak menyalahi kamu
(dengan mengerjakan) apa yang aku larang. aku
tidak bermaksud kecuali (mendatangkan) perbaikan selama aku masih
berkesanggupan. dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan)
Allah. hanya kepada Allah aku bertawakkal dan hanya kepada-Nya-lah aku kembali.
Perbaikan sebagai tradisi perjuangan
bermakna bahwa KAMMI menghindari pendekatan dan tindak kekerasan dalam
perjuangan KAMMI. Perbaikan juga bermakna untuk mewujudkan masyarakat madani
perbaikan dimulai dari perbaikan diri sendiri, keluarga, masyarakat, pemerintah
kemudian bangsa atau Negara.
Perbaikan harus berdasarkan syariat
Islam yang secara kuat berupaya memelihara 5 aspek kehidupan dalam kehidupan
manusia yaitu : agama, akal, jiwa, kehormatan dan harta.
5. Kepemimpinan umat adalah strategi
perjuangan KAMMI
Seperti rumusan visinya, KAMMI
menempatkan kepemimpinan sebagai factor penting dalam gerak kehidupan suatu
bangsa, baiknya suatu bangsa dikarenakan tampilnya pemimpin yang beriman dan
beramal sholeh diantara mereka.
QS.
An- Nuur (24) : 55
55.
Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan
mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh- sungguh akan menjadikan
mereka berkuasa dimuka bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang
sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang
telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan)
mereka, sesudah mereka dalam ketakutan menjadi aman sentausa. mereka tetap
menyembahku-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan aku. dan
Barangsiapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, Maka mereka Itulah
orang-orang yang fasik.
Disisi lain kehancuran yang terjadi di
suatu negeri lebih disebabkan oleh kedzaliman dan keburukan yang dipertontonkan
para pemimpinnya.
QS. Al-An’am (6) : 123
123.
Dan Demikianlah Kami adakan pada tiap-tiap negeri penjahat-penjahat yang
terbesar agar mereka melakukan tipu daya dalam negeri itu. dan mereka tidak
memperdayakan melainkan dirinya sendiri, sedang mereka tidak menyadarinya.
QS.
Al-Israa’ (17) : 16
16.
Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, Maka Kami perintahkan kepada
orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya mentaati Allah) tetapi
mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, Maka sudah sepantasnya Berlaku
terhadapnya Perkataan (ketentuan kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu
sehancur-hancurnya.
Terus meluasnya dakwah dikalangan
pemuda dan mahasiswa yang dilakukan oleh KAMMI merupakan gambaran prinsip
perjuangan untuk melahirkan calon pemimpin masa depan yang beriman dan beramal
shaleh.
6. Persaudaraan adalah watak perjuangan
KAMMI
Perbedaan manusia dari sisi bahasa,
warna kulit, ras dan lain sebagainya adalah bagian dari kehendak Allah SWT pada
manusia agar manusia saling mengenal.
QS.
Al-Hujarat’ (49) : 13
13.
Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan
seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku
supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia
diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu.
Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.
QS.
Ar-Ruum (30) : 22
22.
Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan
berlain-lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikan itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi
orang-orang yang mengetahui.
KAMMI
senantiasa menjalin hubungan dan kerjasama dengan siapapun dalam kerangka
kebaikan bersama dan nilai-nilai ketaqwaan. Eksistensi
kekuatan umat (Wihdat al- umah)
diikat oleh persaudaraan keimanan karena Allah SWT.
QS.
Al- Hujarat’ (49) : 10
10.
Orang-orang beriman itu Sesungguhnya bersaudara. sebab itu damaikanlah
(perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah,
supaya kamu mendapat rahmat.
Senantiasa
membangun kesatuan umat dan menghindari perpecahan. Untuk memperjuangkan
hak-hak umat dalam proses reformasi (perubahan) membangun komunikasi dengan
gerakan se ideologi maupun yang berbeda.
Iwan Wahyudi (Ketua Umum
KAMMI Daerah NTB 2006-2008)
SEJARAH DAN FILOSOFI GERAKAN KAMMI*
4/
5
Oleh
Iwan Wahyudi Net