Minggu, 01 Juli 2018

Oleh-oleh




Oleh-oleh, kata yang hampir sebulan terakhir sering terdengar ditelinga kita terutama yang pulang kampung atau didatangi oleh mereka dari rantauan. Ada yang sibuk menyiapkan oleh-oleh, disisi lain ada yang menagih oleh-oleh. Ada yang senang ketika ditanya "mana oleh-olehnya?" Atau diwanti-wanti "jangan lupa oleh-oleh" karena itu peluang beramal, berbagi dan mempromosikan produk daerah asal sesederhana apapun itu. Ada juga sebagian kita yang merasa "terbully" dan diteror dengan tagihan oleh-oleh itu, makin terlihatkan kalo kita rajin sekali menagih oleh-oleh ke orang lain namun sebaliknya menjadi paling "bete" saat dimintai oleh-oleh.


Bagi saya oleh-oleh itu sederhana, ia adalah buah tangan, bunga cerita dan pengalaman, bisa jadi juga cenderamata inspirasi yang dibawakan untuk kita dari hasil seseorang merantau atau berpergian. Seperti pertemuan suatu malam saya dengan bro @soni_ariawan yang sudah lama saling janji di media sosial lama sekali. Terakhir bertemu beliau saat bedah Buku Best Seller Inspirasi dan Spirit Menjadi Manusia Luar Biasa Desember 2016 yang diselenggarakan @ksialisraa di perpustakaan @officialunram . Saat itu beliau sedang libur dari studi S2 di Australia.

Pertemuan kami disalah satu tempat ngopi depan Kampus Universitas Mataram ini sebenarnya hanya bertukar oleh-oleh saja karena sudah satu tahun setengah tidak ketemu. Bunga cerita dan pengalaman juga cenderamata inspirasi dari perjalanan beliau menimba ilmu di negeri orang, aktivitas pasca wisuda dan rencana kedepan adalah oleh-oleh yang sangat berharga bagi saya. Melanjutkan studi di luar negeri ternyata tak sehoror yang dibayangkan dan bukan berarti juga semudah mengedipkan mata seperti nabi Sulaiman memindahkan kerajaan Ratu Balqis.

Oleh-oleh itu dapat mengokohkan ikatan hati, memperkaya wawasan akan pengalaman dan kisah. Tak perlu menjadikan oleh-oleh beban, jadikan ia faktor pembawa dan penambah kegembiraan.

01072018 22:08 Kamar 1A5
#IWANwahyudi
#MariBerbagiMakna
#InspirasiWajahNegeri
www.iwan-wahyudi.net

Related Posts

Oleh-oleh
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.