Membangun Argumen
•Argumen : Sebuah pernyataan (klaim)
yang dijustifikasi oleh data.
•Sumber data : data primer dan
sekunder.
•Bisa diperkuat dengan kisah nyata
yang menyentuh
Ada
dua cara untuk membangun opini publik :
1. Kampanye
Kampanye
adalah kegiatan mempengaruhi, mengajak, mengubah dan menarik minat atau
keinginan orang lain agar sesuai dengan yang diinginkan oleh seseorang atau
suatu organisasi. Kampanye juga memperjelas atau upaya menyosialisasikan Visi,
misi dan ideoligi untuk mengembangkan sayap jaringan atau basis massa. Kampanye
bisa berbentuk keterlibatan massa dan penggunaan media permanen .
Keterlibatan Massa
|
Media Permanen
|
- Rapat
akbar
- Mogok
Massa
- Long March
|
- Baliho
- Spanduk
- Stiker
- Kaos
|
Kiat kampanye melalui media massa
(sumber : Woman Media Project, 1986):
- Pilihlah juru bicara dengan cermat
Juru bicara yang
dipilih untuk TV atau Radio haruslah merasa nyaman dengan wawancara media
tersebut. Ia harus melihat, membaca dan mendengarkan, serta selalu waspada
terhadap penampilannya. Menguasai bahan yang dibicarakan.
- Jalin dan peliharalah hubungan baik dengan media massa
Membangun
hubungan personal. Daftar (alamat) media massa harus selalu diperbaharui,
termasuk nama wartawan reporternya.
- Kualitas bahan menentukan
Buatlah desain
grafis yang baik dan terencana. Sederhana dan kerapihan itu indah
- Bayarlah media
- Bahasa yang digunakan Familiar/akrab dengan rakyat kecil, tapi juga mudah dipahami oleh penyelenggara negara.
- Soal Hak asasi manusia adalah berita
Jangan meremehkan
soal HAM. Setelah perjuangan panjang dalam satu dasawarsa (80 an), Hak asasi
Manusia kini telah menjadi topik menarik bagi media massa di Indonesia.
- Tinjau, perbaiki dan Ulangi
Jika Rumusan dan
langkah kampanye berhasil disusun, jangan ragu mulailah bekerja
2. Publikasi
Publikasi
adalah upaya menyampaikan pesan kepada publik atau masyarakat dalam bentuk
media (cetak, audio, audio-visual). Publikasi dapat menjadi sarana propaganda
seseorang atau organisasi tetang sesuatu sikap. Cara mempublikan sesuatu dapat
dilakukan dengan dua cara yaitu penerbitan dan bekerjasama dengan pers umum.
Penerbitan
|
Bekerjasama dengan Pers Umum
|
- Koran
- Buku
- Majalah
- Jurnal
- News
letter/buletin
- selebaran
- dll
|
- Rubrik Berita
- Rubrik Artikel/Opini
- Rubrik Surat Pembaca
- Rubrik Iklan Layanan Masyarakat
- Acara Televisi
- Acara Radio
- dll
|
Pustaka Acuan
Zainudin Paru, 2001, Perumusan Isu Strategis dan Tugas Para
Aktivis (makalah)
Hasan Al-Banna, 2002, Risalah Pergerakan Ikhwanul Muslimin 1
Komite Anti korupsi (KoAK) Lampung,
2002, Panduan Rakyat Memberantas
Korupsi
BKM Seruni KAMMI, 2002, Buku Panduan Kepemimpinan Muslimah KAMMI
IWAN Wahyudi **
MEMPENGARUHI PENDAPAT UMUM (KAMPAYE PUBLIK)
4/
5
Oleh
Iwan Wahyudi Net